Sabtu, 30 Januari 2016

Beberapa Contoh Reaksi-Reaksi dalam Kimia Organik



Banyak reaksi-reaksi yang terjadi dalam bidang kimia organik, dimana pengerian dari kimia organik adalah percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, halogen dan belerang. Beberpa contoh reaksi-reaksi kimia organik yang saya bahas diantaranya reaksi oksidasi dan reaksi reduksi, berikut penjelasannya :

1. Reaksi Oksidasi
        Reaksi oksidasi adalah  peningkatan nilai dari suatu atom dalam suatu senyawa. dalam reaksi oksidasi ada beberapa konsep-konsep yang harus dipahami yaitu:

a. Peningkatan bilangan oksidasi (BO)
Bila dalam suatu reaksi terdapat atom yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi maka reaksi tersebut mengalami reaksi oksidasi, Contoh:


Dari contoh diatas terlihat bahwa terjadi perubahan dari Na+ menjadi Na. Tanda + pada Na disebut muatan formal adapun pengertian muatan formal ini adalah muatan semu, hasil perbandingan antara elektron valensi setiap atom dengan jumlah elektron yang dimiliki ketika membentuk ikatan dengan atom yang lain.

b. Bertambahnya oksigen dan kehilangan hidrogen
Pada reaksi oksidasi terjadi pertambahan atom oksigen contohnya :







Dan terjadi pula kehilangan atom hidrogen contohnya:







c. Reaksi ozonolisis

Reaksi ozonolisis merupakan reaksi oksidasi ikatan rangkap oleh ozon (O3). Dilain hal reaksi ini digunakan untuk menentukan tempat ikatan rangkap pada senyawa yang belum diketahui. Reaksi alkena dengan ozon akan menghasilkan aldehid atau keton, contohnya :




2. Reaksi reduksi
          Reaksi reduksi adalah reaksi penurunan nilai dari suatu atom dalam suatu senyawa. pada reaksi reduksi terjadi kehilangan oksigen dan bertambahnya hydrogen. sebagai contohnya :






3. Reaksi brominasi
       Reaksi brominasi digunakan untuk membedakan golongan alkena dan alkana. pada reaksi brominasi dapat diamati berlangsungnya reaksi dengan cara pengamatan perubahan warna yaitu warna asalnya/reaktan menghilang.



Berdasarkan uraian diatas pada reaksi brominasi saya masih belum lengkap menjabarkannya, mohon bantuan dari teman-teman untuk menjelaskan tentang reaksi brominasi beserta contohnya.

Terima Kasih, Wassalamualaikum wr, wb.





10 komentar:

  1. Halogenasi biasanya menggunakan klor dan brom sehingga disebut juga klorinasi dan brominasi.
    Contoh : CH2=CH-CH3 + Br2 → CH2Br-CHBr-CH3

    BalasHapus
  2. Reaksi brominasi digunakan untuk membedakan golongan alkena dan alkana. Gas etena jika dilewatkan ke dalam air brom (berwarna cokelat kemerahan), maka akan bereaksi membentuk larutan 1,2-dibromoetana yang tidak berwarna. Alkana tidak mempengaruhi warna air brom ketika senyawa itu dilewatkan ke dalamnya. contoh, propena direaksikan dengan brom, membentuk 1,2-dibromo propana.
    contoh :
    CH2=CH-CH3 + Br2 → CH2Br-CHBr-CH3

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ayu penjelasannya sangat bermanfaat dan membantu

      Hapus
  3. Reaksi antara alkana dengan klorin atau bromin
    Tidak ada reaksi yang terjadi dalam kondisi gelap (tanpa cahaya).
    Jika terdapat cahaya, reaksi yang terjadi sedikit mirip dengan fluorin, yakni menghasilkan sebuah campuran karbon dan hidrogen halida. Keagresifan reaksi berkurang tajam semakin ke bawah golongan mulai dari fluorin sampai klorin sampai bromin.
    Reaksi-reaksi yang menarik terjadi dengan adanya sinar ultraviolet (begitu juga sinar matahari). Reaksi-reaksi ini disebut reaksi fitokimia, dan terjadi pada suhu kamar.
    Berikut kita akan melihat reaksi dengan klorin. Reaksi dengan bromin cukup mirip, hanya saja sedikit lebih lambat.

    BalasHapus
  4. terima kasih syafira untuk uraiannya, sangat bermanfaat. untuk permasalahannya, saya akan sedikit membantu. reaksi brominasi itu adalah rekasi yang mengalami proses radikal agar reaksi tersebut berlangsung.
    seperti contoh :
    CH3-CH3 + Br2 ----> CH3-CH2-Br + HBr, namun tidak semudah itu syafira reaksi ini belangsung seperti contoh, karena ada beberapa tahap untuk mekanisme reaksinya ^_^
    semoga bisa membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih azmi penjelasannya sangat membantu

      Hapus
  5. well what a brother, friend all that was said. Bahwa Reaksi brominasi digunakan untuk membedakan golongan alkena dan alkana. Gas etena jika dilewatkan ke dalam air brom (berwarna cokelat kemerahan), maka akan bereaksi membentuk larutan 1,2-dibromoetana yang tidak berwarna. Alkana tidak mempengaruhi warna air brom ketika senyawa itu dilewatkan ke dalamnya.
    contoh:
    CH4 + Br-Br -> CH3Br + HCl

    BalasHapus